lagu

Rabu, 30 Januari 2013

Penerimaan Mahasiswa Baru UII TA 2013/2014

Di UII ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, silahkan anda untuk memilih jalur tersebut di bawah ini ;

Computer Based Test (CBT)


CBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Calon dapat memilih maksimal dua pilihan program studi. Tes dilaksanakan di dalam maupun di luar Kampus UII untuk semua program studikecuali program studi Pendidikan Dokter.
Hasil CBT dapat diperoleh segera setelah tes dilakukan. Calon Mahasiswa yang dinyatakan diterima harus melakukan Registrasi Awal dan Akhir pada jadual dan prosedur registrasi yang dapat dilihat pada bagian Registrasi dalam website ini.
JADUAL CBT
§  CBT di Kampus UII dilaksanakan mulai 19 November 2012 -  24 Agustus 2013  setiap hari Senin - Sabtu jam 08.00 – 14.00 (kecuali hari libur) di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang, Km.14,5 Sleman Yogyakarta.  Pendaftaran dapat dilakukan melalui beberapa bank yang tersedia di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang, Km.14,5 Sleman Yogyakarta.
§  CBT di Luar Kampus UII informasinya dapat dilihat di website pmb.uii.ac.id. Pendaftaran dapat dilakukan di lokasi penyelenggara CBT di luar Kampus UII.
BIAYA PENDAFTARAN
CBT untuk Strata 1 (S1)
§  Pendaftar yang melakukan ujian CBT di Kampus UII dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000,00
§  Pendaftar yang melakukan ujian CBT di luar Kampus UII dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,00.
CBT untuk Diploma 3 (D3)
§  Pendaftar yang melakukan ujian CBT di Kampus UII dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 125.000,00.
§  Pendaftar yang melakukan ujian CBT di luar Kampus UII dikenai biaya sebesar Rp. 175.000,00.
§  Pendaftar mahasiswa yang memilih Program Studi di Strata 1 dan Diploma III (pilihan ganda), dikenakan biaya CBT untuk Jenjang Strata 1 yaitu Rp 175.000,00.
PROSEDUR DAN SYARAT CBT
§  Membayar Biaya Pendaftaran ke Bank atau kepada petugas di lokasi penyelenggaraan CBT.
§  Menyerahkan syarat pendaftaran kepada petugas CBT yang berupa :
§  Surat Tanda Lulus Sekolah Menengah Umum (SMU) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah (MA) atau menyerahkan fotokopi rapor semester 4 atau 5 bagi siswa kelas XII untuk Tahun Ajaran 2012/2013,
§  Fotokopi surat tanda pengenal diri, yaitu : Kartu siswa atau Kartu Tanda Penduduk atau Surat Ijin Mengemudi atau Surat Keterangan Pelajar dari Kepala Sekolah,
§  Slip Pembayaran CBT,
§  Pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4 cm sebanyak 2 (dua) lembar,
§  Khusus pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII atau IP-UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT atau 4,5 untuk IELTS. Pada awal tahun ke-2, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai skor 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS.
§  Melakukan pengisian data (key in) di Ruang Komputer CBT
§  Mengerjakan soal di Ruang Komputer CBT selama 100 menit
§  Menerima hasil CBT dari petugas
Prosedur CBT tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :
Membayar Biaya CBT --> Menyerahkan Syarat Pendaftaran --> Mengisi Data (key in) --> Mengerjakan Soal CBT --> Menerima Hasil CBT


Paper Based Test (PBT)

PBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. Semua program studi melakukan seleksi pola seleksi calon mahasiswa menggunakan pola seleksi PBT. Khusus program studi Pendidikan Dokter, seleksi calon mahasiswa dilakukan dalam dua tahap yaitu PBT dan seleksi Tahap Kedua. Pola seleksi PBT ini terdiri dari dua macam, yaitu PBT Seleksi Reguler dan Cepat.
PBT SELEKSI REGULER
Seleksi ini merupakan pola seleksi berbasis ujian tulis yang dibagi ke dalam dua kategori, yaitu PBT Potensi dan Mandiri.
PBT POTENSI
Pola seleksi ini berbasis ujian tulis dimana komponen nilai akan menentukan kelulusan tes dan besarnya Sumbangan Catur Dharma. Dengan pola ini, semakin tinggi nilai UPCM semakin rendah nilai sumbangan yang diwajibkan.

PBT MANDIRI
Pola seleksi berbasis ujian tulis di mana komponen nilai akan menentukan kelulusan tes, sedangkan besarnya Sumbangan Catur Dharma ditentukan secara mandiri oleh orang tua calon mahasiswa. Batas minimal Sumbangan Catur Dharma ditentukan oleh Program Studi yang dipilih oleh calon mahasiswa. Program studi yang menggunakan pola seleksi ini adalah program studi Akuntansi, Ilmu Hukum, Arsitektur, Farmasi, dan Pendidikan Dokter.

PBT SELEKSI CEPAT
Seleksi ini merupakan pola seleksi PBT yang diselenggarakan dalam 2 hari saja, yaitu 1 hari pendaftaran dan esoknya langsung ujian. Pendaftaran dibuka satu hari saja, yaitu pada hari Sabtu dan tes tertulis dilaksanakan pada hari Ahad keesokan harinya. Dalam PBT ini, komponen nilai akan menentukan besarnya sumbangan Catur Dharma.
SELEKSI TAHAP KEDUA (Khusus Prodi Pendidikan Dokter)
Seleksi ini khusus untuk calon mahasiswa yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter, dan telah dinyatakan lolos ujian tertulis (PBT) atau PSB. Seleksi ini meliputi: Ujian Tulis
 Comprehensive (kemamuan penalaran), tes psikometri, wawancara dan pemeriksaan dokumen yang bertujuan untuk menentukan kelulusan calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, namun tidak mengubah besarnya Sumbangan Catur Dharma yang telah ditetapkan sebelumnya.
Dokumen asli dan salinannya yang diperiksa meliputi :
§  Akte Kelahiran (disyaratkan maksimal berusia 21 tahun)
§  Rapor SMU Jurusan IPA Semester 2,3 dan 4 atau 3,4 dan 5
BIAYA DAN PENDAFTARAN
Biaya pendaftaran PBT tanpa pilihan Program Studi Pendidikan Dokter adalah sebesar Rp 175.000,00, dan PBT dengan pilihan Program Studi Pendidikan Dokter Rp 225.000,00.
PROSEDUR DAN SYARAT PENDAFTARAN PBT
§  Pendaftar harus datang sendiri di Sekretariat PPMB di Gedung Rektorat UII untuk melakukan pendaftaran.
§  Membayar di Bank yang tersedia di Gedung GBHH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang, Km. 14,5 Sleman Yogyakarta.
§  Menyerahkan syarat-syarat pendaftaran kepada petugas berupa :
§  Surat Tanda Lulus Sekolah Menengah Umum (SMU) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah (MA) atau menyerahkan fotocopi rapor semester 4 atau 5 bagi siswa kelas XII untuk Tahun Ajaran 2012/2013,
§  Fotokopi surat tanda pengenal diri, yaitu : Kartu siswa atau Kartu Tanda Penduduk atau Surat Ijin Mengemudi atau Surat Keterangan Pelajar dari Kepala Sekolah,
§  Slip Pembayaran PBT,
§  Khusus pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII atau IP-UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS. Pada awal tahun ke-2, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS.
§  Khusus pendaftar di Program Studi Pendidikan Dokter harus melampirkan fotokopi Akte Kelahiran (disyaratkan maksimal berusia 21 tahun) dan fotokopi Rapor SMU Jurusan IPA Semester 2,3 dan 4 atau 3,4 dan 5.
§  Melakukan pengisian data (key-in) Pendaftaran PBT dan pengambilan foto Calon Mahasiswa oleh petugas.
§  Menerima Kartu Peserta UPCM
§  Hasil UPCM akan disampaikan melalui surat dan ditayangkan di website pmb.uii.ac.id
§  Khusus pendaftar yang memilih Seleksi PBT Mandiri diharuskan mengisi surat pernyataan yang berisi kesanggupan pembayaran Sumbangan Dana Catur Dharma dan kesediaan tidak akan menarik kembali semua dana yang sudah dibayarkan. Surat pernyataan ini ditandatangani oleh orang tua atau wali di atas materai Rp. 6000.
Prosedur PBT tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :
MEMBELI FORMULIR BIAYA PBT --> FOTO --> MELAKUKAN KEY IN : MENGISI IDENTITAS DIRI, MENYERAHKAN PERSYARATAN PENDAFTARAN --> MENERIMA KARTU UPCM --> MENGIKUTI UJIAN TULIS --> MENERIMA HASIL UPCM 
Khusus Pendaftar Kedokteran --> SELEKSI TAHAP KEDUA --> MENERIMA HASIL UPCM

JADUAL PBT
Semua Ujian PBT diselenggarakan di Kampus UII mulai jam 09.00 sampai selesai. Pendaftaran PBT Seleksi Cepat dilayani pada hari Sabtu dari jam 08.00 hingga 15.00, sedangkan Pendaftaran PBT Reguler dilayani pada hari Senin-Jum'at jam 08.00-14.00 (pada hari Jum'at istirahat jam 11.30-13.00). Pada hari Sabtu, Ahad dan hari libur nasional tidak ada pendaftaran. Secara rinci penyelenggaraan PBT dilaksanakan sebagaimana pada tabel berikut :
JADUAL SELEKSI PBT
Periode
Pendaftaran
Ujian
Pengumuman Hasil UjianSeleksi Tahap II*Pengumuman Seleksi Tahap II*
Registrasi Awal
Registrasi Akhir
Cepat I
12 Januari
13 Januari
16 Januari
17-18 Januari22 Januari
19 - 30 Januari
13 - 21
Maret
Cepat II
16 Februari 
17 Februari
20 Februari
21-22 Februari26 Februari 
27 Feb - 7 Maret
13 - 21
Maret
Reguler I(Mandiri)
4 - 8 Maret
10 Maret
13 Maret
14 - 15 Maret19 Maret
-
13 - 21
Maret

Cepat III

11 Mei

12 Mei

15 Mei

16-17 Mei

21 Mei

-

20-27 Mei

Reguler II(Mandiri) 

3 - 7 Juni

9 Juni

12 Juni

13- 14 Juni

18 Juni

-

17-24 Juni

Reguler III(Mandiri)

8-12 Juli

14 Juli

17 Juli

18-19 Juli

23 Juli

-

21-27 Agustus
Keterangan :
* Khusus untuk pendaftar Program Studi Pendidikan Dokter




Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB

PSB adalah pola penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi Bidang Akademik dan Minat Bakat.  Semua program studi menerima jalur PSB dengan pengaturan kuota dan seleksi yang ditentukan oleh Fakultas. Jalur PSB ini terdiri dari tiga kategori, yaitu Siswa Berprestasi Bidang Akademik, Siswa Berprestasi Bidang Olah Raga dan Seni serta Bibit Unggul Tidak Mampu.


KATEGORI SISWA BERPRESTASI BIDANG AKADEMIK
Kategori ini ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi atau sebagai pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat provinsi, nasional atau internasional (seperti olimpiade sain, lomba karya ilmiah remaja).
Syarat dan Prosedur Pendaftaran
Menyerahkan dokumen-dokumen persyaratan PSB kepada Panitia PMB atau ke Fakultas yang menjadi pilihan pertama. Adapun dokumen yang dipersyaratkan adalah:
1.     Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 7 (tujuh) pada semester ke-3 dan 4 (bila pendaftaran dilakukan sampai bulan Januari) atau semester 4 dan 5 (bila pendaftaran dilakukan setelah bulan Januari), khusus calon mahasiswa yang memilih Prodi Pendidikan Dokter, Akuntansi dan Farmasi disyaratkan nilai rata-rata minimal 8 (delapan);
2.     Surat Keterangan Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan masuk ranking sekolah 10 (sepuluh) besar pada semester ke-3 dan 4 atau semester ke-4 dan 5; atau foto copy sertifikat pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat provinsi, nasional atau internasional.
3.     Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
4.     Menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 1 (satu) lembar;
5.     Menyertakan bukti biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) (dapat dibebaskan dengan rekomendasi dari Ketua Program Studi);
6.     Khusus calon mahasiswa yang mendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII atau IP-UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS. Pada awal tahun ke-2, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS;
7.     Khusus untuk calon mahasiswa yang mendaftar di Prodi Pendidikan Dokter, harus menyerahkan fotokopi sertifikat yang membuktikan prestasi dalam kompetisi bidang ilmu pengetahuan (bidang akademik) pada tingkat nasional yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan, atau hafal Al-Quran minimal 15 Juz (dibuktikan dengan sertifikat dari Lembaga Pendidikan Tilawatil Qur’an/LPTQ).
KATEGORI SISWA BERPRESTASI BIDANG OLAH RAGA DAN SENI
Kategori ini ditujukan bagi siswa yang mempunyai bakat dan prestasi dalam bidang olah raga dan seni di tingkat internasional, nasional dan atau regional/provinsi.
Syarat dan Prosedur Pendaftaran
Menyerahkan dokumen-dokumen persyaratan PSB kepada Panitia PMB atau ke Fakultas yang menjadi pilihan pertama. Adapun dokumen yang dipersyaratkan adalah:
1.     Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 6 (enam) pada semester 3 dan 4 (bila pendaftaran dilakukan sampai bulan Januari) atau semester 4 dan 5 (bila pendaftaran dilakukan setelah bulan Januari),
2.     Fotokopi sertifikat yang membuktikan prestasi dalam kompetisi bidang ilmu olah raga atau seni yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan, khusus calon mahasiswa yang memilih Prodi Pendidikan Dokter disyaratakan memiliki prestasi olah raga atau seni pada tingkat nasional;
3.     Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
4.     Menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3x4 cm sebanyak 1 (satu) lembar;
5.     Khusus calon mahasiswa yang mendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII atau IP-UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS. Pada tahun pertama kuliah, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS.
6.     Menyertakan bukti biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) (bisa dibebaskan dengan rekomendasi dari Ketua Program Studi).
KATEGORI SISWA BIBIT UNGGUL TIDAK MAMPU
Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang sangat tinggi dan tidak mampu secara ekonomi. Khusus kategori ini, siswa yang dinyatakan diterima diberikan beasiswa berupa dibebaskan biaya studi yang meliputi SPP (selama 8 semester) dan sumbangan dana Catur Dharma. Siswa dikenai evaluasi prestasi setiap semester, dan beasiswa ini dapat dicabut bila siswa tidak menunjukkan prestasi yang disyaratkan sebagai penerima beasiswa.
Syarat dan Prosedur Pendaftaran
Menyerahkan dokumen-dokumen persyaratan PSB kepada Panitia PMB atau ke Fakultas yang menjadi pilihan pertama. Adapun dokumen yang dipersyaratkan adalah:
1.     Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 8,5 (delapan koma lima) pada semester ke-2, 3 dan 4 (bila pendaftaran dilakukan sampai bulan Januari) atau semester 3, 4 dan 5 (bila pendaftaran dilakukan setelah bulan Januari),
2.     Surat Keterangan Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan masuk ranking sekolah 5 (lima) besar pada semester ke-2,3 dan 4 atau semester ke-3, 4 dan 5;
3.     Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
4.     Menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 1 (satu) lembar;
5.     Surat keterangan tidak mampu dari Kecamatan atau Kartu Keluarga Miskin (Gakin) (dimungkinkan adanya pemeriksaan langsung oleh UII).
6.     Khusus calon mahasiswa yang mendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII atau IP-UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS. Pada tahun pertama kuliah, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS.
7.     Menyertakan bukti biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) (bisa dibebaskan dengan rekomendasi dari Ketua Program Studi).
KETERANGAN
Semua dokumen yang dipersyaratkan untuk ketiga kategori ini dikirimkan atau diserahkan ke Panitia PMB Gedung GBPH Prabuningrat Rektorat UII, Jl. Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta atau ke Fakultas yang menjadi pilihan pertama.
Biaya Pendaftaran dibayarkan ke :
§  Universitas Islam Indonesia, Bank Mandiri
No Rek. 1370002150890


* Biaya Pendaftaran PSB bisa dibebaskan dengan rekomendasi dari Ketua Program Studi
 JADUAL SELEKSI PSB
JADUAL SELEKSI PSB
Periode
Pendaftaran dan Penerimaan Dokumen
Evaluasi
Pengumuman Hasil Ujian
Seleksi Tahap II*
Pengumuman Seleksi Tahap II*
Registrasi
PSB-I
1-10 Januari
14 Januari
16 Januari
17-18 Januari
22 Januari
13-21 Maret
PSB-II
11 Jan - 14 Februari
18 Februari
20 Februari
21-22 Februari
26 Februari
13-21 Maret
PSB-III
15 Feb - 7 Maret
11 Maret
13 Maret
14-15 Maret
19 Maret
13-21 Maret
PSB-IV
8 Feb - 4 April
8 April 
10 April
16-17 Mei
21 Mei
20-27 Mei
PSB-V
5 April - 9 Mei
13 Mei 
15 Mei
16-17 Mei
21 Mei
20-27 Mei
PSB-VI
10 Mei - 6 Juni
10 Juni 
12 Juni 
13-14 Juni
18 Juni
17-24 Juni
PSB-VII
7 Juni - 11 Juli
15 Juli
17 Juli
18-19 Juli
23 Juli
21-27 Agustus
PSB-VIII
12 Juli - 18 Agustus
20 Agustus
22 Agustus
-
-
21-27 Agustus
** Tidak Dibuka untuk pendaftaran Prodi Pendidikan Dokter

PROSEDUR PENDAFTARAN
Pembelian formulir PSB secara individu calon mahasiswa atau kolektif oleh pihak Sekolah melalui prosedur sebagai berikut:
1.     Melakukan pembayaran melalui mesin ATM Bank Mandiri:
§  Menu detail untuk transaksi ini dapat dilihat di website psb.uii.ac.id
2.     Melakukan pembayaran melalui transfer ke Bank Mandiri Cabang Sudirman Yogyakarta, Nomor rekening 137-0002150890.
§  Setelah melakukan transfer, bukti transfer discan dan dikirimkan melalui email ke panitia PMB: ppmb@uii.ac.id
§  Panitia PMB akan mengirimkan nomor UPCM melalui balasan email. Nomor tersebut digunakan untuk melakukan key in di website psb.uii.ac.id
3.     Melalui pembayaran langsung:
§  Melakukan pembayaran langsung ke panitia PMB pada beberapa bank yang ada di gedung Rektorat UII
§  Pendaftar mendapatkan nomor UPCM yang digunakan untuk melakukan key in di website psb.uii.ac.id
Proses Key in:
1.     Login di website psb.uii.ac.id dengan nomor UPCM yang diterima/dimiliki (Satu nomor UPCM hanya dapat digunakan seorang pendaftar). Gunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox agar aplikasi berjalan normal.
2.     Pengisian data diri dan dokumen pendukung yang diperlukan sesuai dengan kategori PSB yang dipilih (prestasi bidang akademik, prestasi bidang olah raga dan seni, siswa bibit unggul tidak mampu).
3.     Pendaftar mengunggah file dokumen pendukung yang telah discan, misalnya rapor dan sertifikat pendukung, dan persyaratan lain yang diperlukan. Agar ukuran file kecil dan mudah dikirim ikuti langkah dibawah ini :
Rekomendasi setting scan dokumen untuk pengiriman berkas  PSB via website http://psb.uii.ac.id
a.    Setting scan dengan rekomendasi :
- Resolusi              : 150 dpi
- Pilihan warna       :
 Black and White / Hitam dan Putih / Grayscale
- Tipe dokumen      : Document/text
- Ukuran dokumen  : A4
b.    Simpan hasil scan dokumen menjadi file .PDF, kecuali foto dapat disimpan sebagai file .JPEG
c.    Khusus untuk dokumen yang terdiri dari beberapa halaman misalkan raport, jadikan 1 (satu) file (multiple pages )
d.    Maximum ukuran setiap file yang diupload adalah 2Mb
4.     Sebelum di-simpan, pendaftar dapat memperbaiki atau melakukan perubahan pengisian.
5.     Setelah menyatakan selesai, pendaftar mengklik menu simpan yang tersedia di sistem.

Mencetak hasil isian key in (kartu pendaftaran). Satu lembar untuk pendaftar dan satu lembar dikirimkan ke  panitia PMB bersamaan dokumen yang diunggah.
Mengirimkan atau menyerahkan hasil isian key in (kartu pendaftaran), fotokopi rapor dan sertifikat pendukung ke PPMB atau Fakultas yang menjadi pilihan pertama
Prosedur PSB ketiga kategori tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISNIS ANDA

CHANGE YOUR FINANCIAL FREEDOM NOW

Hanya dengan 100.000 rupiah, anda dapat merubah Financial Anda.
Like this page for more information Klik disini