Jadwal Penting Bidikmisi 2013
- Pendaftaran Sekolah dalam program Bidikmisi 2013 direncanakan mulai tanggal 12 Desember 2012
- Pendaftaran Siswa dalam program Bidikmisi 2013 direncanakan mulai tanggal 1 Januari 2013
- Pendaftaran untuk masing masing seleksi menunggu keputusan panitia
PETUNJUK SINGKAT PROGRAM BIDIKMISI 2O13
Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan pada mahasiswa baru yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik Proses perekrutan Bidikmisi dimulai sebelum pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri.
1. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)l,
2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
3. Seleksi lokal (mandiri) masuk Perguruan Tinggi Negeri (difasilitasi 1 Perguruan Tinggi)
Bidikmisi memberikan fasilitas kepada penerima program ini sebagai berikut
1. Bantuan biaya hidup sedikitnya sebesar Rp 600.000,- rupiah per bulan yang diberikan pada
penerima langsung
2. Bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan sebesar besarnya Rp 400.000 rupiah per bulan yang
dikelola oleh perguruan tinggi untuk rnembebaskan biaya pendidikan.
3. Biaya kedatangan pertama (resettlement) yang diberikan 1 kali pada semester 1.
Bantuan biaya hidup diberikan setiap bulan atau maksimal 3 bulan didepan kepada penerima dengan
teknis yang diatur masing-masing perguruan tinggi negeri.
Persyatan pendaftaran program Bidikmisi 2013 adalah sebagai berikut
1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2013;
2. Lulusan tahun 2012 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan
penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN;
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
4. Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut:
a. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulan;
b. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya
Rp 600.000,00 setiap bulannya; dan
c. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya 51(Strata 1) atau Diploma 4.
5. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s"d. d serta
mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat
kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan minimal ketua
organisasi siswa sekolah (OSlS);
6. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan rekomendasi
Kepala Sekolah Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/kota pada-laman
http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id
Prosedur pendaftaran program Bidikmisi 2O13 adalah sebagaimana dijelaskan sebagai berikut
Tahapan pendaftaran program Bidikmisi adalah sebagai berikut
1. Sekolah melakukan pendaftaran pada laman http/daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/daftar dan
ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera
2. Sekolah akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam pada hari
dan jam kerja.
3. Sekolah menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang sudah diverifikasi pada larnan
http l/daftar.bidikmisi.di kti.go.id/sekolah/login
4. Sekolah mengisi data yang dibutuhkan mulai data unas, prestasi murid dalam sekolah, daftar
siswa yang akan lulus 2013 dan sudah lulus 2012 dan merekomendasikan yang memenuhi
persyaratan program Bidikmisi
5. Siswa mendaftar bidikmisi melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.goid/siwa/login dan mengisi data
sesuai petunjuk di dalam sistem pendaftaran
6. Siswa yang sudah sampai pada tahapan memilih seleksi akan mendapatkan PIN yang jika diminta
dapat digunakan pada laman pendaftaran seleksi masuk
Persiapan dokumen yang harus disiapkan oleh masing masing pendaftar program Bidikmisi
1. Kartu dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang bisa dicetak seusai ujian nasional di sistem
pendaftaran Bidikmisi
2. Surat keterangan miskin dari desa/kelurahan setempat, dalam hal tidak memiliki akses terhadap
desa/kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari rt/rw/tokoh rnasyarakat.
3. Surat keterangan gaji {khusus pegawai negeri swasta} atau surat pernyataan dari orang tua
(khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata rata pendapatan selama 6 bulan
terakhir dari ayah dan ibu.
4. Fotokopi tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, bukti pembayaran PBB bila ada untuk 3 bulan
terakhir. Dalam hal listrik, air dan internet dipakai bersama agar ditarnbahkan surat keterangan
estimasi pengeluaran bulanan.
5. Bukti bukti prestasi lang dicantumkan dalam bentuk sertifikat / foto piala yang mencantumkan
nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah.
6. Surat keterangan,/ dokumen / ijasah dari kepada sekolah tentang kelulusan jenjang pendidikan
sebelumnya.
7. Fotokopi raport / laporan hasil studi dari semester 1.
Semua dokumen tidak perlu dikirimkan ke PT yang dilamar, hanya perlu dibawa pada saat
pendaftaran ulang mahasiswa. Hal ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh PT Terkait
Seusai rnendaftar Bidikmisi, peminat harus mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi. Diantaranya SNMPTN,SBMPTN dan Seleksi Lokal (Mandiri)
Pendaftar Bidikrnisi agar mengikuti ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh masing-masing
seleksi tersebut
MENGIKUTI SELEKSI MASUK
Peserta yang sudah terdaftar akan diseleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing seleksi masuk, dan jika lulus seleksi masuk, dapat melakukan daftar ulang dengan ketentuan panitia seleksi masuk dan bidikmisi
Peserta yang lulus seleksi masuk (SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri) agar membawa dokurnen yang disyaratkan panitia seleksi masuk dan prograrn Bldikmisi.
YANG PERLU DIKETAHUI DALA PROGRAM BIDIKMISI
Berikut ini hal hal yang perlu anda ketahui tentang program Bidikrnlsi
1. Pendaftaran program Bidikmisi bebas biaya, baik biaya daftar, biaya seleksi dan biaya biaya
lainnya. Anda wajib rnelaporkan pihak yang masih memungut biaya dalam prograrn lni ke
bidikmisi@dikti.go.id untuk kami tindak tegas
2. Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri
3. Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, bukan seleksi masuk sehingga peserta harus lulus
seleksi masuk perguruan tinggi negeri untuk mendapat program Bidikmisi
4. Sekolah wajib memfasilitasi rekomendasi prqram Bidikrnisi,.jika ada sekolah yang tidak
memfasilitasi blsa dilaporkan ke bidikmisi@dikti.go.id untuk kami koordlnasikan.
5. Kecurangan dalam hal rekomendasi, seleksi dan verifikasi bidikmisi akan secara langsung
merugikan pendaftar lainnya" Jika dijumpai hal hal seperti yang sudah disebutkan agar melaporkan
ke bidikmisi@dikti. go. id
Kami dapat dihubungi melalui media resmi sebagai berikut
1. email melalui bidikmisi@dikti.go.id
2. facebook melalui httpi/facebook.com/prqnam.bidikrnisi
3. twitter melalui http://twitter.com/bidlkmisi
4. helpdesk melah-ri http://bidikrnisi.dikti.go.id/bantuan
5. Chat resrni melalui laman website http://bidikmisi.diki.go.id
Petunjuk ini rnasih bisa berubah sebelum penerbitan Pedoman bidikmisi 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar